Untuk para pemakai kartu Simpati, harap ingat ya, jangan sampai kelupaan mengisi pulsa sebelum masa tenggang habis kayak saya ini.
Terakhir saya isi pulsa 3 maret 2015 (25ribu), lalu tgl 7 mei 2015, saya iseng cek handphone, *888# ngga bisa mengeluarkan jumlah saldo blabla. Handphone nya sendiri memang udah ngga bisa telepon atau sms. Tapi terima sms dan telepon bisa tuh.
Saya coba isi pulsa online ngga bisa juga. Mulai panik lah saya.
Sorenya di Grapari, dicobain sama mas CS nya untuk diisi voucher fisik. Ngga bisa juga, dan nomer saya ini udah ngga terdaftar di database mereka dong.
Lemes dah, ini nomer bersejarah, dari sejak pertama kali beli handphone, pakai nomer ini. Udah 13 tahun bo :(.
Sebelum ke Grapari, saya udah browsing dulu nih keluhan lewat masa tenggang bisa diselamatkan ngga. Cuma ada 1 solusi yaitu migrasi ke Halo (menurut salah satu web yang saya baca sih katanya cuma utk nomer 0812, yang lain ngga bisa. Ini saya ngga tahu bener ngga soalnya kebetulan nomer saya 0812).
Yang lucu si mas CS sama sekali ngga mengusulkan alternatif migrasi ini, malah saya yang tanya duluan tentang migrasi. Deuh, coba saya ngga cari-cari dulu di internet. Bisa hangus lah ini nomer tanpa solusi.
Berhubung saya masih pikir-pikir, saya pulang dulu lah. Halo itu kan jatuhnya lebih mahal perbulan. Bingung juga.
Besoknya (08/05/2015) saya ke Grapari yang lain lagi. Setelah dicek (maksa siapa tahu masi bisa :(( ), di databasenya memang sudah ngga ada. Hix, ya sudahlah, terpaksa migrasi. Males banget harus kasih tau handai taulan dan temen-temen kalau saya pakai nomer baru.
Kartu Halo itu kan kalau yang hanya untuk telpon-sms (billing) 25ribu sebulan kan? Setau saya mah segitu.
"Sudah naik, jadi 35ribu sebulan. Tapi kita ada paket khusus 50ribu dapat 60 menit telpon ke sesama Telkomsel, 60 sms ke sesama telkomsel dan unlimited internet (2Gb)." kata Mbak CS 1.
Nama paketnya Hybrid. Kata si Mbak nya sih, paket ini cuma ditawarkan untuk yang migrasi (mungkin untuk pengguna baru saja maksudnya kali ya..).
Kalau saya pakai paket ini, lalu pindah ke yg billing(tlp-sms ajah), nantinya ngga bisa pindah ke paket ini lagi. Bisanya pindah ke paket lain (yang termurahnya 80ribu). Beribet bener sih??
Masalahnya saya jarang pake internet di hp, internet kantor udah oke banget, saya sampai males buka-buka internet lagi di luar kantor. Kan rugi juga gitu pakai paket harga segini?
Tapi pikir-pikir boleh lah pakai sebulan mah buat percobaan, bulan depan saya ganti ke fitur billing.
Oh ya maksudnya pasca bayar, contoh di paket hybrid itu, pemakaian dibawah 50ribu pun tetap dihitung 50ribu. Kita bisa buat batas pemakaian juga (limit), tapi minimal 100ribu. Yah tetep kejauhan untuk saya haha, jadi ngga(belum saya setting).
Kalau kita menunggak bayar bulan 1, nomer diblokir (dalam arti cuma bisa terima telpon-sms), bulan 2 tagihan bulan 1+bulan 2 dan dikasi peringatan, bulan 3 tagihan dr 3 bulan dan didatangi pihak ke 3 (semacam debt collector mungkin?Yang orangnya galak-galak ala jeger gitu? pikir saya). Kalau masih belum bayar, nomernya akan ngga bisa dipakai.
Tapi ada kasus khusus, misalkan kita di luar negeri 3 bulan sehingga tagihan 3 bulan blm dibayar dan dimatikan nomernya, kita bisa minta dihidupkan lagi nomernya.
Tagihan bulan 1 biasa diinfokan kira-kira tanggal 3-12 bulan berikutnya, batas pembayaran tanggal 15.
Kira-kira begitu info dari CS 1 nya.
Berhubung kantornya udah mo tutup, saya cuma sempat migrasi kartunya, tapi belum tanda tangan dan dijelaskan lebi panjang. Kita janjian untuk besoknya (Sabtu) ngelanjutin.
Setelah migrasi kartu (buru-buru banget sih!), baru sadar kalau saya NGGA BACKUP PHONEBOOK. GRRR.
Jengkel abis! Ya sudah mau gimana lagi! Terpaksa 'lahir baru' dengan phonebook kosong dan diisi dengan nomer temen & saudara yang sering kontak saja (dan kebanyakan udah hapal nomernya, jadi kaya percuma gitu). Nomer penting lain yang harusnya ada tapi hilang, direlakan sajah huhuhu.
Sabtu batal karena saya ngga bisa lebih cepet kesana, diganti Senin.
Hari Senin (11/05/2015) si Mbak CS 1 nya ngga masuk, jadi saya dibantuin Mbak CS 2.
Saya tanya ulang tentang pindah paket dr hybrid ke billing, kaget dong karena kata CS 2 ini, billing minimal 50ribu bukan 35ribu!!
Gimana sih beda CS beda informasi? Ini jelas-jelas kemaren dengan CS 1 saya berkali-kali menyebut paket telpon-sms 35ribu, ngga ada koreksi dari si mbak CSnya kok.
Mulai berlaku sejak beberapa minggu yang lalu katanya. Saya langsung pucet (haha serius!Ini masalah duit oi duit).
35ribu itu cuma untuk pengguna lama bukan pengguna baru. Lah maksud saya mo hemat, percuma dong pindah ke billing kalau habisnya sama aja?
Satu lagi, menurut CS 2 ini, batas pembayaran tagihan bukan tanggal 15 tapi 20.
Coba ya Telkomsel itu CS nya kok memberi informasi beda-beda gitu?
Puyeng juga, terpikir menghanguskan nomer ini sih, karena lumayan jauh bedanya dengan waktu saya pakai simpati.
Simpati 25ribu: 1 bln aktif, 1 bln tenggang(tapi masih bisa terima sms tlp). Masa tenggang masih berguna buat saya sih karena simpati ini ngga aktif untuk telpon. Beli pulsa 25x6=150rb setahun
Halo 50ribu: 1bln aktif, bulan berikut akan 50ribu lagi. Pembayaran: 50x12=600ribu setahun!
Jauh pisan bedanya. Puter otak supaya nomer saya bisa terpakai maksimal, ya internetnya harus dipakai maksimal juga dah, buat wifi tablet aja deh itung-itung ngga usah beli kartu sekali pakai untuk internetnya. Lagipula, handphone saya belum 3G, jadi internetnya lambat (padahal Halo terkenal bagus kan internetnya), jadi mending di-wifi-kan saja, siapa tahu lebih berguna.
SMS dan telpon gratisnya akan diberdayakan semaksimal mungkin wkwk. Harus hukumnya! Kalau ngga rugi pisan.
Dan..buat jaga-jaga lah kalau fasilitas kantor udah ngga ada, minimal saya ada internet pribadi.
Yah (untuk sementara) nomer ini saya pelihara dulu deh..
Jadi kesimpulan, kalau anda punya nomer simpati (atau nomer lainnya), harap diingat:
1. Rajin isi pulsa yah, sekali kecolongan kayak saya, eneg ujungnya.
2. Backup Phonebook anda! Mau ditulis di kertas kek, diketik di excel kek, backup langsung ke komputer dsb, pokoknya jangan lupa!
3. Rajin browsing di internet kalau ada gangguan dll di nomer anda, cek info di internet dengan CS nya juga.
4. Banyak bertanya sama CS nya, catat biar ngga lupa juga informasi dari mereka (tentang beda informasi antara CS 1 dan CS 2 belum saya tanya ulang, TAPI saya cek di web telkomsel, sepertinya tentang billing 50ribu itu betul. Sayang banget..)
Info Halo lain-lain:
Halo Call Center: 133
Cek paket internet: sms UL INFO ke 3636
Cek bonus free telpon dan sms: *889# (disini ada data sisa telpon dan sms gratis, ini penting banget untuk menghemat pemakaian.)
Info tarif Halo:
Menurut Mbak CS 1:
Halo telpon ke sesama telkomsel: Rp. 750/mnt alias Rp. 12.50 /dtk
telpon ke non telkomsel & telpon rumah: Rp. 900/mnt alias Rp. 15 /dtk
Halo sms Rp. 180 /sms
Simpati sms Rp. 170 /sms
Menurut Mbak CS 2:
Halo telpon ke sesama telkomsel: Rp. 25 /detik
telpon ke non telkomsel & telpon rumah: Rp. 30 /detik
Halo SMS ke semua provider: Rp. 175 /sms
Menurut web, begini (tarif yang Halo reguler).
Antara Mbaknya salah semua atau webnya belum diupdate..
2 comments:
Mbak aku mau tanya. Kalo udah konversi ke pascabayar bisa balik lagi gak ke prabayar sekitar 2-3 bulan ke depan?
Kebetulan nomorku juga hangus. Udah gak terdaftar di sistem. Tapi bukan 0812 sih, gapapa deh besok mau aku coba tanyain lagi, soalnya CSnya emang gak nawarin konversi ini.
Post a Comment